DESA TEGAL YOSO, TERBAIK PROVINSI LAMPUNG UNTUK KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK

DESA TEGAL YOSO, TERBAIK PROVINSI LAMPUNG UNTUK KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK

LAMPUNG TIMUR (dayadesainstitute.com) Desa Tegal Yoso Kabupaten Lampung Timur terpilih menjadi desa terbaik dalam penilaian desa Keterbukaan Informasi Publik 2021 di Provinsi Lampung. Rekomendasi itu tertuang dalam Surat Pemerintah Provinsi Lampung Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi Nomor: 414.1/08.a/V.12/2020 tanggal 20 April 2020 tentang Rekomendasi Desa Terbaik dalam Keterbukaan Informasi Publik Provinsi Lampung.

Komisioner KIP Lampung, Erizal , menyatakan bahwa Proses penilaian Desa dalam Keterbukaan Informasi Publik Provinsi Lampung telah dilaksanakan dan Komisi Informasi Publik Provinsi Lampung telah mendapatkan desa terbaik dalam Keterbukaan Informasi Publik sesuai dengan surat Dinas PMDT Provinsi Lampung.

“Sebagai tindak lanjut, Desa Tegal Yoso akan menjadi duta Provinsi Lampung dalam mengikuti ajang apresiasi desa dalam implementasi keterbukaan informasi publik di tingkat nasional,” kata Erizal.

Kepala Desa Tegal Yoso, Muhammad Yani, menuturkan desa yang dipimpinnya selama ini mempunyai komitmen tinggi dalam kaitan keterbukaan informasi, yakni melalui website, aplikasi, serta pertemuan-pertemuan tatap muka dengan warga.

“Bahkan tingkat partisipasi publik dalam musyawarah dan pertemuan sangat baik. Indikatornya, kehadiran warga dalam acara-acara Pemerintah Desa cukup tinggi. Biasanya dilakukan saat musyawarah,” ujar M. Yani sambil menjelaskan bahwa Desa Tegal Yoso mempunyai keunggulan, diantaranya layanan kependudukan online dan offline yang bisa digunakan warga untuk layanan surat kependudukan. Informasi aktual yang bisa langsung diakses melalui Website Desa Tegal Yoso.

“Bahkan Informasi APBDes Desa Tegal Yoso dapat dilihal di website. Kini, warga tidak tabu lagi untuk mendiskusikan soal anggaran desa. Karena semua anggaran bisa dilihat oleh warga melalui website dan papan informasi yang banyak dipasang di sejumlah titik. Dampak dari keterbukaan, tingkat kepercayaan warga ke pemerintah desa cukup tinggi. Dalam penanganan Covid-19, desa dan warga saling bergotong royong,” tutur Kades Yani.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kabupaten Lampung Timur, Yudi Irawan , menuturkan sangat mengapresiasi capaian Desa Tegal Yoso dalam hal keterbukaan informasi. Pihaknya terus memotivasi desa dalam layanan keterbukaan informasi publik yang akuntabel.

“Ini sangat penting kerena demi terciptanya pengelolaan anggara yang lebih tertib dan akuntabel, peningkatan kualitas SDM dan yang terpenting adalah masyarakat bisa mengakses informasi apa saja yang dibutuhkan secara transparan dan meningkatnya partisipasi masyarakat,” katanya.

Sementara Koordinator Tenaga Ahli P3MD Lampung Timur, Riza Allatif, menyatakan bahwa Tenaga Pendamping Profesional (TPP) P3MD akan terus melakukan pendampingan ke desa dalam rangka mewujudkan keterbukaan informasi Publik.

“Bukan saja Desa Tegal Yoso, semua desa di Lampung Timur akan selalu Kami dorong untuk terus meningkatkan keterbukaan informasi Publik. Desa Tegal Yoso akan menjadi inspirasi bagi desa-desa lainnya terkait sistem informasi desa (SID) yang transparan dalam rangka peningkatan keterbukaan publik,” pungkas Yudi. || (rls/red-1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *