2021, Pendamping Desa Dikontrak Langsung oleh Pusat

2021, Pendamping Desa Dikontrak Langsung oleh Pusat

Rakoord TPP Kabupaten Lampung Timur
LAMPUNG TIMUR (dayadesainstitute.com) Kontrak kerja Tenaga Pendamping Profesional (TPP) yang semula ditangani oleh Dinas PMD Provinsi Lampung dari Tahun 2015 hingga Tahun 2020, saat ini , untuk Tahun 2021 diambil alih oleh Kementerian Desa PDTT RI melalui Satker Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Hal tersebut ditandai dengan terbitnya Surat Tugas bagi para pendamping Nomor 01/KP.05.01/2021 tertanggal 08 Januari 2021 yang ditandatangani oleh Jajang Abdullah, S.Pd., M.Si. selaku Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi yang berlaku sejak tanggal dikeluarkannya surat tugas tersebut sampai dengan diterbitkannya Surat Tugas baru berdasarkan kontrak kerja.

Menyikapi terbitnya surat tugas tersebut, Koordinator Tenaga Ahli (Korta) P3MD Kabupaten Lampung Timur, Riza Allatif, S.Sos., menggelar rapat koordinasi yang dihadiri oleh Kabid PED Dinas PMD Lampung Timur, Heri Anthoni, Tim TA Lamtim, dan seluruh koordinator kecamatan TPP Se-Lampung Timur pada Jumat 15 Januari 2021 dengan tujuan mensosialisasikan kepastian tugas pendamping di Tahun 2021 yang kontraknya berakhir di Desember 2020.

“Para pendamping tidak perlu ragu lagi, tetap berada di lokasi tugas, segera dampingi dan fasilitasi desa sesuai tupoksi. Silakan dibaca surat tugasnya, ada lima tugas pendampingan, yaitu tugas tetap berada di lokasi tugas dan melaksanakan tugas pendampingan, koordinasi internal TPP,  melaporkan keberadaan TPP kepada pemerintah setempat sesuai jenjangnya, melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada satker pusat, dan selalu berpedoman pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” papar Riza Allatif.

Dalam kesempatan itu, Heri Antoni, selaku kabid yang membidangi terkait dana desa,  berpesan kepada seluruh pendamping untuk tetap menjaga kebersamaan dalam bekerja.

“Tugas pendampingan adalah tugas tim, baik yang di level yang sama maupun berjenjang, sebaiknya selain tugas-tugas profesional, sebagai bagian dari tim harus bisa sama-sama menjaga kebersamaan agar suasana kerja menjadi nyaman. Saat ini kita sedang dikejar waktu untuk pencairan dana desa 2021. Kawal percepatan agar tercapai pencairan di Bulan Januari ini,” ujar Heri.  || R-1 / ARIS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *