Menteri Desa: Dana Desa Disalurkan Januari 2021

Menteri Desa: Dana Desa Disalurkan Januari 2021

LAMTIM-KEMENTERIAN DESA PDTT (dayadesainstitute.com) Untuk percepatan penyelesaian APBDes dan penyaluran Dana Desa Tahun 2021 Menteri Desa PDTT Republik Indonesia, Abdul Halim Iskandar, mengeluarkan surat edaran yang menguatkan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

Dalam Surat Edaran Menteri Desa PDTT Nomor 17 Tahun 2020 tentang Percepatan Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 ini memuat enam poin penting yang harus menjadi perhatian semua pihak terkait, terutama para gubernur, bupati, walikota, dan kepala desa di seluruh Indonesia yang menjadi tujuan surat ini.

Menteri desa berharap ada percepatan penyaluran Dana Desa di Bulan Januari 2021, diusahakan lebih cepat dari Tahun 2020 yang sudah mulai salur pada 30 Januari 2020. Surat ini bertujuan untuk percepatan pelaksanaan Bantuan Langsung Tunai (BLT), Padat Karya Tunai Desa (PKTD), dan Kegiatan Prioritas lainnya sesuai Permendes No. 13 Tahun 2020. Selain itu, juga didorong tentang pemutakhiran Data dan Informasi Desa serta Masyarakat.

Dibagian isi surat edaran ini menjelaskan tentang penganggaran BLT sebesar Rp.300.000 per bulan per KPM dimulai dari Januari 2021, pemutakhiran data dan informasi desa, dan penyelesaian RKPDes serta APBDes Tahun 2021.

Dalam surat edaran ini menteri desa juga membuka link “sapa desa” bagi siapa saja yang masih kurang jelas atau ingin mengajukan pertanyaan terkait pelaksanaan surat edaran ini. Menu Sapa Desa dapat diakses di http://sid.kemendesa.go.id.

Di bagian penutup, surat edaran ini menyatakan bahwa segala sesuatu yang belum diatur dalam surat edaran ini mengacu pada Permendes PDTT No. 13 Tahun 2020.

Menanggapi surat edaran tersebut, Koordinator Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Lampung Timur, Riza Allatif, S.Sos., menyatakan bahwa surat ini adalah bentuk dari penegasan Menteri Desa terkait percepatan penyaluran Dana Desa Tahun 2021 agar bisa mencapai target penyaluran sebelum 30 Januari 2021.

“Sebagai TPP, yang bertugas mengawal regulasi agar sampai dan diimplemantasikan secara tepat hingga di tingkat desa, kami tetap mendukung dan mendorong tercapainya target yang diinginkan kementerian desa. Para pendamping dan juga aparatur desa selaku pelaksana, harus benar-benar memahami dan mampu menerjemahkan surat ini secara bijak. Tidak perlu memperdebatkan hal-hal teknis yang bukan substansi. Kita bisa berkaca dari Tahun 2020 ini, dinamisasi regulasi sangat tinggi. Dalam rangka percepatan legalisasi penyelesaian APBDes 2021, surat ini memudahkan desa untuk segera melakukan ekskusi penyelesaian RKPDes dan APBDes Tahun 2021. Memang ada beberapa komplain terkait besarnya anggaran untuk BLT, tetapi jika kita melihat dari sisi percepatan penggunaan Dana Desa Tahun 2021 maka hal yang paling mudah adalah penyaluran BLT DD, ini sisi positifnya. Kita harus meyakini begitu dinamisnya situasi saat ini,” ujar Riza Allatif. ||Aris.

SUMBER: SURAT EDARAN MENTERI DESA PDTT NO. 17 TAHUN 2020 Tanggal 30 Desember 2020 dan Hasil Diskusi dengan Tim TA P3MD Lamtim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *